Sabtu, 02 Juli 2011

"pop culture" PUNK DAN SEJARAHNYA

Punk secara etimologis berasal dari bahasa Inggris, yaitu “Public United not Kindom”, kemudian disingkat menjadi P.U.N.K, atau dalam bahasa indonesia berarti sebuah kesatuan / komunitas di luar kerajaan/pemerintahan.
Punk lebih merupakan suatu idiologi yang lebih berbicara tentang moral dan sosial, punk bukan sekedar gender musik. Punk sebuah idologi pemberontakan dan anarko “anarkisme” dalam bahasa Indonesia. Anarko menurut bakhunin lebih diartikan kepada Negara tanpa suatu pemerintahan berasal dari kata A tidak narcho Negara. Punk mempunyai slogan “DIY” do It Your self, lakukanlah dengan semaunya. Mereka lebih meprioritaskan suatu kebebasan “freedom”.
Idologi punk berasalal dari inggris akan tetapi sebenarnya, punk berasal dari Negara adikuasa yakni Amerika, pada tahun 70-an. Akan tetapi pada saat itu warga amerika tidak welcome dengan musik ini dikarenakan terlalu extrim sehingga di kategorikan sebagai aggressive band. Pada saat itu perintisnya seperti the ramones, modern lovers, iggy pop dll.
Akan tetapi pada saat itu pertengahan antara tahun 1970-1975 punk banyak di dominasi di inggris mereka di terima oleh kamu muda yang berada di inggris. Dikarenakan pemberontakan(rebel) yang memicu pada saat itu mencari media untuk menyalurkan aspiratifnya. Disaat itulah pemberuntakan punk berawal karena permasalhan ekonomi inggris yang merosot tajam.
Pada saat itu punk di dominasi oleh pemuda-pemuda working class dimana merekah sangat jenuh dengan keadaan sosial mereka. Tetapi, pun mereka harus berbenturan dengan aliran skinhead. Di tahuan 1980 aliran punk dan skinhead menyatu karena kesamaan idiologi dari mereka. Pada saat itu bermunculan band-band yang fenomenal seperti sex pistols.
Punk selanjut berkembang sebagai buah kekecewaan, di karenakan mereka kurang di terima ole label rekaman. Pada saat itu yang menguasai band-band rock seperti the beatles, elvis presly, dan rolling stones adalah kalangan atas. Musisi punk tidak memainkan nada-nada rock teknik tinggi atau lagu cinta yang menyayat hati. Sebaliknya, lagu-lagu punk lebih mirip teriakan protes demonstran terhadap kejamnya dunia. Lirik lagu-lagu punk menceritakan rasa frustrasi, kemarahan, dan kejenuhan berkompromi dengan hukum jalanan, pendidikan rendah, kerja kasar, pengangguran serta represi aparat, pemerintah dan figur penguasa terhadap rakyat. Akibatnya punk dicap sebagai musik rock n’ roll aliran kiri, sehingga sering tidak mendapat kesempatan untuk tampil di acara televisi. Perusahaan-perusahaan rekaman pun enggan mengorbitkan mereka.
Gaya dan fashion punk

Rambut mohawk adalah rambut yang dibuat berbentuk seperti duri mendongak ke atas. Gaya ini merupakan adaptasi dari gaya suku indian kuni yang pada waktu itu bernama mohican., posisi seperti menunjuk keatas, rambbut dibuat kaku sehingga tidak mudah layu. Maknanya sebuah perlawanan akan takdir Tuhan YME, para punk, merupakan gambaran kaum tertindas yang tidak terima dengan posisi mereka di masyarakat, punk menganggap strata mereka adalah “takdir” yang dapat dilawan dan mereka mampu megatasi takdir itu dengan bermusik

Jens ketat yang sobek bermakna sebuah himpitan dasyat dari lingkungan terhadap mereka. Manghalangi ruang gerak dan atraksi panggung mereka, oleh karena itu seringkali muncul robekkan pada lutut dan paha yaitu sebuah simbol tentang kemerdekaan gerak dan ide dari para punk
Biasanya bergambar tengkorak, salip, api...tatto adalah simbol kekuasaan terhadap tubuh fisik. Mereka percaya lewat tatto mereka memiliki kekuasaan penuh terhadap tubuh. Selain itu tatto juga menyimbolkan cita rasa seni kaum menengah bawah
Rantai menyimbolkan sebuah kesatuan yang utuh diantara pa komunitas punk. Faktanya, kesatuan punk memang terkenal sangat solid, sering kali mereka terlihat secara bergerombal, berbagi rejeki dan tempat tidur secara bersama, bahkan diantara komunitas punk tidak ada diskriminasi berdasarkan SARA atau secara ekonomi
Sama seperti tatto, piercing juga menyimbolkan kekuasaan atas tubuh, perlawanan terhadap penderitaan/rasa sakit dan mengontrol tubuhnya sendiri
Eye syadow menyimbolkan cara pandang punk yg suram terhadap sekitarnya. Bagi punk, masa depan terlihat sangat suram dan kurang menjanjikan, seakan-akan mereka siap untuk menjadi kalangan terbawah sampai akhir hidup mereka.
Sepatu boots biasa dipakai oleh prajurit agar bisa dipakai disegala medan, baik becek, berbatu, licin dan medan yang sulit lainya. Oleh karena itu boots menyimbolkan bahwa para punk akan siap menghadapi rintangan apapun termasuk hukum dan kesulitan secara ekonomi.

Pembagian punk
Anarcho Punk
Punk yang satu ini cendrung menutup diri, kekerasan sudah menjadi aktifitas keseharian dari punk ini. tidak jarang mereka terlibat bentrukan sesama punk lainnya dan mereka pun sangat idealis.
Crust punk
Punk yang satu ini lebih brutal di bandingkan punk yang berada diatas, mereka sangat anti sosial dan bergambung hanya sesama punk crusty.
Glam punk
Punk yang ini adalah punk seniman mereka biasanya melakukan protes yang di jewantahkan kepda seni. Mereka cendrung welcome kepada sesame punk lainnya.
Nazi punk
Nah punk yang ini belum terkena pengaruh globalisme masi original pada saat pembentukaanya 1970-an. Paham nazi lebih kental kepada mereka.
The oi punk
Punk yang satu ini bukan punk artian Oi “orang Indonesia” tapi street punk punk ini lebih gilah lagi. Mereka cendrung membuat keoranan biasa disubut dengan hooligans. Mereka sangat anti dengan punk anarcho dan crust punk. Tapi mereka juga ngak lupa pada pekerjaan punk ini di dominasi oleh anak-anak skinhead.
Quier core
Punk yang ini lebih aneh lagi sodara……punk ini di dominasi oleh orang-orang sakit. Seperti pengidap lesbi, homoseksual, bisexual dan transsexual pokonya yang ada sex, sexnya.
Riot girrrrl
Punk ini beranggitakan wanita….mereka tidak mau menerima selain wanita. Tapi kalo waria mungkin di perhitungkan ya….xixixixixix
Scum punk
Akh punk ini punk pembersih mereka menamakan dirinya straight edge scene. Mereka lebih menomor satukan kenyaman, kebersihan, dan moral, hampir semua anggota mereka tidak merokok freesex, dll
The skate punk
Punk yang ini sangat mencinta yang namanya skater dan surfing.
Ska punk
Penggabungan antara music rasta dari jamaika dengan beat kencang menghasilkan punk ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar