Senin, 11 Februari 2013

INSTAL PIKIRAN



Pendengaran, penglihatan, perasaan merupakan suatu perangkat lunak yang terdapat dalam tubuh manusia. Dari ketiga softwere tersebut manusia dapat mendengarkan gelombang transpersal maupun longitudinal dari suatu sumber suara, dapat melihat warna suatu objek, dan dapat pula merasakaan sesuatu yang tak dapat di ekspektasikan lewat perkataan.  Manusia diciptakan dengan segala kerumitan yang ada pada raganya.
Dari ketiga sofwere tersebut terdapat akal sebagai user yang dapat menggendalikan apa yang menjadi suatu objeknya. Akal digunakan untuk berfikir sehingga menghasilkan suatu kesimpulan-kesimpulan. Manusia melihat, mendengar dan merasakan serta akal dengan cara berfikir menyimpulkan apa yang ada disekitarnya.
Disaat kita melihat suatu kejadian yang membuat decak kagum pada diri kita akal merespon hal tersebut kemudian terjadilah transfer pemikiran dan menghasilkan suatu kesimpulan. Begitu pulah ketika kita melihat suatu kejadian yang membuat kita merasakan kesedihan melalu perantara hati sanubari akal pun juga merespon hal tersebut.
Perasaan yang menyayat hati sanubari kita tak lepas dari akal yang membuat kita menarik hal-hal yang bersifat kegundahan,  rasa sedih, serta ras gelisah sehingga emosi kita menarik semua perkara-perkara tersebut. Tubuh pun merespon fikiran kita sehingga membuat  kita menebarkan cakra  hitam hal ini di sebut dengan body language. Begitu pula dengan respon tentang kesenangan dan keindahan.
Menurut ahli neuroscince yang bernama Paul D. MacLean (1913-2007), seiring dengan evolusi manusia berabad-abad lamanya, otaknya pun berkembang. Dia memperkenalkan konsep “triune” yakni tiga fungsi otak yang dibedakan berdasarkan fungsinya yakni:
1.      Otak reptil yang mempunyai kesamaan dengan reptilia komponen ini merupakan komponen terndah dalam kecerdasan umat manusia dan memegang kendali-kendali atas fungsi-fungsi motorik-sensorik atau pengetahuan tentang realitas fisik umat manusia.
2.      Otak mamalia (sistem limbik) berkaitan dengan kognitif dan emosional serta mampu menyimpan memori-memori yang didapatkan dari objek luar. Otak ini juga mampu mengendalikan ritme tubuh manusia. Di daerah inilah biasanya orang merasakan stress, galau, dan dilema.
3.      Otak neocortex otak ini berfungsi sebagai penalaran, logika serta kreatifitas.
Apa yang kita pikirkan tak lepas dari apa yang kita lihat, rasa, serta dengarkan. Oleh karena itu seharunyalah  kita sebagai user mampu mengendalikan komponen-komponen sofwere tersebut agar mampu berjalan semestinya. Ketika perasaan galau melanda otak mamlia yang merspon hal tersebut ketika kita menarik-narik lebih dalam maka akan terpancarlah kesedihan yang akan disimpulkan. Ketika manusia merasakan ancaman otak reptil yang langsung bersiaga. Untuk berfikir dan berkreatifitas serta bernala otak cortex yang mengerjakannya
Sebagai pengontrol kita mampu mengendalikan keadaan-keadaan pada sofwere tersebut bukan dikendalikan oleh sofwere-sofwere tersebut.  Maka dari itu instalah pikiran anda agar mampu mengontrol perasaan, pendengaran, serta penglihatan agar tak dikendalikan oleh ketiga komponen sofwere tersebut dan tidak terlarut-larut dalam kecemasan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar